Definisi Dan Pengertian Fashion


Definisi Dan Pengertian Fashion
Apa Definisi Dan Bagaimana
Pengertian Fashion Sebenarnya ?

Meskipun Fashion memiliki definisi berbeda-beda, tetapi pengertian fashion pada prinsipnya tetap tidak terpisah dari perubahan selera masyarakat di jamannya.


Definisi fashion boleh dirumuskan dengan kalimat berbeda, tapi pengertiannya tidak berbeda sejak awal abad 20  hingga memasuki era global. Pada prinsipnya fashion tidak terpisahkan dari faktor-faktor selera masyarakat tertentu yang dipengaruhi oleh perkembangan sosial budaya tertentu dan dalam rentang waktu tertentu.
Hampir setiap orang pernah membicarakan tentang fashion, apakah itu fashion show, fashion exhibition atau tentang perangkat fashion yang sedang in dijual di pasaran. Tetapi ketika ditanyakan apa definisi fashion yang sebenarnya, maka akan kesulitan untuk menjelaskan, bahkan juga mereka yang memiliki profesi terkait dengan dunia fashion.
Fashion sendiri merupakan kata yang lebih populer dan lebih akrab bagi kebanyakan masyarakat Indonesia dibandingkan kata serapannya: fesyen, meskipun menurut Wikipedia padanan fashion dalam bahasa Indonesia adalah mode, banyak orang yang cenderung mengasosiasikannya dengan pakaian atau perangkat yang melengkapi pakaian.
Apa saja definisi fashion dan bagaimana pengertian fashion ?

Secara etimologis Fashion berasal dari bahasa Latin, factio, yang berarti “melakukan”. Arti sesungguhnya dari kata “fashion” adalah sesuatu yang mengacu pada hal-hal yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Hal-hal yang dilakukan tersebut tidak sebatas orang yang memakai pakaian, melainkan mencakup arti yang lebih luas.
Dalam perkembangannya, kata yang berasal dari bahasa Latin tersebut diserap dalam bahasa Inggris menjadi “fashion” yang kemudian secara sederhana diartikan sebagai gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya. Dalam perkembangannya, fashion tidak hanya dipahamkan sebatas pakaian, tetapi juga melebar pada perangkat perlengkapannya seperti sepatu, tas dan lain-lain, bahkan berbagai produk sampai gaya hidup.

Komentar